BAB I
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita begi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940.
b. Setelah tahun 1940.
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abacus.
Terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung, maka dalam meninjau perkembangan komputer kita tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya. . alat ini berasal dari Timur Tengah dikenal di Eropa pada Marcopolo.
2. Kalkulator roda numerik
Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur 18 tahun bernama Blaise Pascal (1623-1662) membuat sebuah mesin jumlah yang ia sebut sebagai roda numeric (Numerical wheel calculator) yang digunakan pada kantor ayahnya Melakukan penghitungan pajak di Rouen Perancis pada tahun 1973.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat menambah dan mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Dr. Herman Hollerith (1860-1929) dari United States Census Bureau juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. dengan menggunakan metode punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya . Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Hal ini membawa Dr. Herman Hollerith kearah suksesnya pada tahun 1886 ia mendirikan Tabulasi Machane Campany dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berkembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa computer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
Komputer Eniac
b. EDVAC Computer.
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan computer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
Komputer Edvac
c. EDSAC COMPUTER
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
Komputer Edsac
d. UNIVAC 1 Computer.
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan computer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapatdiasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,memory, sistem operasi, dan program.
KOMPUTER DEC PDP-8
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, computer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri komputer generasi kedua :
1. Komponen utama yang digunakan adalah transistor sirkuitnya
2. Program yang dibuat dengan bahas tingkat (High Level Language), seperti : Fortran, Cobol, Alkgol (The Algorithnic Language)
3. Kapasitas memory utamanya sudah cukup besar
4. Ukuran fisik komputer lebih kecil
5. Proses operasi sudah cepat dapat memproses jutaan operasi perdetik
6. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
7. Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis tetapi juga pada aplikasi teknik. Contoh komputernya : Univac III, Burroughs 200, IBM 7070, Honeywell 400, Honeywell 800.
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga :
1. Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit)
2. Prosesnya lebih cepat, kecepatan hamper 10.000 kali dari komputer generasi pertama
3. Kapasitas memori komputer lebih besar dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
4. Penggunaan listrik lebih hemat
5. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing dan multi programing. Multi processing yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan.
6. Kemampuan melakukan komputer data dari satu komputer dengan komputer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi telepon. Contohnya : IBM S/360, NOVA.
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - ??? )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
BAB II
KOMPONEN – KOMPONEN HARDWARE
Perangkat keras (Hardware) meliputi :
1. Motherboard/Mainboard,
2. Power supply,
3. Harddisk,
4. Processor,
5. Memory,
6. Monitor,
7. Keyboard,
8. Mouse,
9. CD Room,
10. Floopy,
11. Speaker,
12. Sound Card,
13. VGA Card,
14. Fan,
15. Lan Card,
16. TV Tuner,
17. Kabel Data,
18. Casing.
Setiap bagian perangkat keras (Hardware) tersebut mempunyai tugas dan fungsi tertentu.
KOMPONEN – KOMPONEN HARDWARE
1.Mainboard / Motherboard
Mainboard / Motherboard sebagai tempat/wadah untuk alat-alat seperti processor, memory,VGA card, sound card.
Mainboard terdiri dari:
-Chip set
-Socket atau slot Proccesor
-Slot
-Memory
-PCI (untuk sound card, VGA card, USB card, Modem card)
-Primary IDE HDD (tempat kabel data ke Harddisk)
-Secondary IDE (tempat kabel data Harddisk,CD Room)
-Floppy Disk (tempat kabel data Disk Drive)
Untuk mainboard Pentium IV sudah dikatakan Onboard, yaitu untuk VGA, sound, USB, LAN, sudah ada menempel di mainboard, jadi apabila kita ingin resolusi gambar atau suara kita bias memasang VGA card & sound card yang kita inginkan.
2. POWER SUPPLY
Power supply adalah sumber daya yang biasanya diartikan sebagai sumber listrik yang di hubungkan ke mainboard.Letak power supply terdapat di belakang atas pada casing.
3. HARDDISK
Harddisk adalah tempat penyimpanan data selamanya, harddisk memiliki komponen-komponen seperti : Piringan logam (plater), Head, rangkaian elektronik, rangkaian penguat, DSP (Digital Signal Processor), chip memory, konektor, spindle, & actuator arm motor controller.
Kapasitas harddisk bermacam-macam, mulai dari ukuran MB sampai Gygabite.Ukuran kapasitas yang besar sangat menguntungkan dalam hal penyimpanan data.
4. PROCESSOR
Processor adalah otak dari computer, alat ini yang menjalankan / memerintahkan dan memiliki dua fungsi operasional, yaitu:ALU (Arithmetical Logical Unit), sebagai pusat pengolah data,& CU (Control Unit) sebagai pengontol kerja computer.
5. MEMORY
Memory merupakan alat yang sangat berperan penting dalam menjalankan system dam program.
Memory terbagi menjadi dua bagian yaitu memory internal dan memory eksternal. Memory internal berupa RAM ( Random Access Memory ) berfungsi sebagai penyimpan sementara dari processor ke harddisk. Setelah komputer dimatikan semua yang tersimpan di memory akan terhapus, dan ROM ( Read Only Memory ) yaitu memory yang hanya bias dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kal dinyalakan.
6. MONITOR
Monitor adalah alat yang berbentuktuk seperti layer TV dan sering juga di sebut CRT ( Cathode Ray Tube ). Monitor digunakan untuk melihat hasil / perintah yang diberikan pada computer. Jika dilihat dari tampilannya¸ada monitor berwarna dan ada monitor yang satu warna dan biasanya berwarna hijau, kedua jenis menampilkan huruf dan karakter dalam bentuk susunan titik-titik. Jenis monitor berwarna yang umumnya digunakan adalah CGA ( Color Graphics Adapter ). Pada monitor jenis ini, titik-titik yang di hasilkan dalam satu sebanyak 640 X 200 titik atau dapat menampilkan 80 karakter per bans sebanyak 25 bans. Jenis monitor lainnya adalah EGA ( Enhanced Graphics Adapter ) , jenis ini menampilkan tulisan lebih tajam di bandingkan dengan CGA. Jenis - jenis monitor sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang dengan layer cembung sampai dengan bentuk yang tipis dengan layer datar. Saat ini jenis monitor yang termasuk terbaik adalah Super VGA (Vidoe Graphics Array).
7. KEYBOARD
Bila mendengar kata keyboard maka pikiran kita tidak lepas dari adanya computer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol –tombol untuk mengetikan. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
Bentuk keyboard yang umumnya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Function key, Alphanumeric keyboard, dan Numberic keypad.
Bagian Function key ada dua jenis, yaitu dengan 83 kunci dan 101/103 kunci. Untuk keyboard dengan 83 kunci letak function key nya di sebelah kiri yang ditandai dengan tulisan F1 hingga F10, untuk keyboard dengan 101/103 kunci function key nya berada pada bagian atas dan ditandai dengan F1 hingga F12.
Bagian Alphanumeric keyboard sama seperti papan mesin ketik, baik susunan huruf dan angkanya maupun letak dari tutsnya itu sendiri.
Numberic keypad digunakan memasukan angka, susunan tutsnya sama seperti pada tombol –tombol di kalkulator. Akan tetapi tombol –tombol ini dapat juga digunakan sebagai tombol untuk menggeser kursor.
8. MOUSE
Secara harfiah, arti dari nama alat ini adalah tikus, mengingat bentuk secara umumnya mirip dengan binatang tersebut. Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh usernya. Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert
9.CD ROM
CD-ROM drive digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang). Kecepatan berputar dari CD-ROM biasanya tidak terlalu penting kecuali pada saat menginstall program, memainkan permainan (games) yang menggunakan CD-ROM drive, atau pada saat membuat CD dengan CD writer.erja sesuai fungsinyaSB, Serial, Paralel, Arti istilah floppy disk
10. FLOOPY
Floopy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari dua ukuran, yaitu 5,25” dan 3,5” yang masing – masing memiliki dua tipe kapasitas Double Demsity (DD) dan High Dencity (HD).
Floopy disk 5,25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1,2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floopy disk 3,5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD dan HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floopy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floopy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian penulisan pada floopy disk dapat dilakukan berulang – ulang dan memakan waktu yang relative lama.
11. SPEAKER
Untuk mendukung kehebatan sound card kelas atas dibutuhkan perangkat yang selayaknya digunakan untuk kualitas optimal
Speaker yang berkualitas tentunya wajib digunakan agar suara yang dihasilkan tidak terbuang percuma. Pemilihan disesuaikan dengan kebutuhan apakah untuk games, home entertaintment, musik atau ketiganya. untuk memilih speaker aktif yang memiliki tiga buah speaker output kanal suara pada boxnya yaitu woofer untuk bass, medium speaker untuk mid frekuensi dan trbel untuk high frekuensi agar suara alunan musik yang dihasilkan lebih kaya dan natural. Pastikan pula amplifier cukup kuat untuk mengangkat power pada tingkat yang maksimal, jenis woofer yang digunakan adalah merek yang berkualitas dan jika ingin lebih jeli sebaiknya pinggiran woofer terbuat dari material seluosa atau sejenis busa(tidak mengkilat) membuat karakter bass lebih dalam bulat memanjang namun tidak boomy, box berbahan bubuk kayu untuk efek resonansi pada bass yang sempurna. Dengan harga yang sama dengan speaker komputer 2.1 namun kualitas jauh menungguli karena dapat digeber lebih keras tanpa distorsi kecuali jika anda sudah cukup puas dengan speaker desktop anda.
12. SOUND CARD
Sound card atau Kartu suara adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
13. VGA CARD
Quarter VGA. Suatu citra yang terdiri atas 320 x 240 pixel. Alat pencitraan yang menghasilkan citra. Video Graphic AdapterDisingkat dengan VGA. Istilah untuk menyebut monitor komputer dan digital still camera.Super Video Graphics Array
Disingkat dengan SVGA. Adalah klasifikasi resolusi yang umum. SVGA = 800 x 600 adalah ukuran umum.
14.FAN
Fan atau kipas yang berfumgsi mengatur suhu di dalam casing.
15. LAN CARD
LAN (Local Area Network) adalah suatu card yang dapat mengimunikasikan komputer satu dengan komputer lainnya tanpa membayar.
16.TV.TUNER
TV TUNER suatu perangkat yang berfungsi menampilkan media Televisi.
17. KABEL DATA
SATA adalah singkatan dari Serial ATA. Selama ini apa yang disebut ATA merupakan transmisi paralel. Oleh sebab itu, dengan keluarnya Serial ATA, ATA yang ada sebelumnya disebut juga Paralel ATA.Perbedaan yang sangat mencolok antara Paralel ATA dengan Serial ATA adalah penampilan kabel keduanya. Jika Paralel ATA memiliki kabel yang sangat lebar, sebaliknya lebar kabel Serial ATA hanya 8 mm saja. Jauh lebih kecil dibandingkan kabel Paralel ATA. Panjang kabel pun berbeda, maksimal panjang kabel Paralel ATA hanya 45 cm. Serial ATA mampu melakukan transmisi dengan panjang kabel sampai 1 meter.
Setiap satu kabel Serial ATA hanya dapat digunakan untuk koneksi satu buah perangkat saja. Sehingga bandwidth transmisi dapat lebih maksimal pada Serial ATA dibandingkan Paralel ATA. Bila port yang disediakan motherboard tidak mencukupi, maka Anda dapat menggunakan SATA Expander.
Pada versi Serial ATA yang pertama yaitu SATA 1.0, kecepatan maksimal transmisi adalah 150 MB/detik. Kecepatan ini meningkat pada versi SATA II yang diluncurkan tahun 2004 lalu, yaitu mencapai 300 MB/detik. Dan rencananya pada tahun 2007, akan ditingkatkan lagi menjadi 600 MB/ detik.
Selain berbeda kabel data dengan ATA, SATA juga menggunakan kabel power yang berbeda dengan ATA. Bentuk kabelnya hampir sama dengan kabel data, hanya saja lebih panjang sedikit.
Bila Anda memiliki harddisk ATA, namun ingin menggunakan transmisi SATA, maka Anda dapat memasangkan SATA adapter pada harddisk (seperti terlihat pada gambar). SATA harddisk juga dapat dihubungkan ke Serial Attached SCSI controller untuk kemudian berkomunikasi dengan menggunakan sistem Serial Attached SCSI. Sebaliknya, perangkat Serial Attached SCSI tidak dapat dipasangkan pada SATA controller.
18. CASING
Casing merupakan rangkaian yang menyelubungi komponen – komponen komputer, yang berfungsi melindungi komponen komputer tersebut. Dengan sampai saat ini telah banyak berbagai macam bentuk dan model casing, hanya tinggal menyesuaikan karakter dan selera para pengguna masing – masing.
BAB III
Program-Program Aplikasi Multimedia
1. Microsoft Powerpoint
Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salah satu program berbasis multi media. Didalam komputer, biasanya program ini sudah dikelompokkan dalam program Microsoft Office.
Program ini dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintahan, pendidikan, maupun perorangan, dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik.
Beberapa hal yang menjadikan media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi adalah berbagai kemampuan pengolahan teks, wana, dan gambar, serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya.
Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita.
Keunggulan :
• Terdapat pencarian menggunakan task pane yang mudah digunakan
• Microsoft telah meng update dan menambahkan untuk clip art
• Dapat menjalankan klip video secara full screen
• PowerPoint viewer telah diperbaharui jadi setiap orang yang melihat semua affect untuk presentasi tanpa membuka program Powerpoint
• Kelebihan baru dapat membuat auto run CD untuk anda lengkap dengan PowerPoint viewer yang baru
• Slide show navigation buttons telah diperbaharui dan anda dapat melihat penjelasannya di Powerpoint
2. KPresenter
Program pembuat presentasi yang satu ini sepertinya memang mengerti kebutuhan Anda. Dengan interface yang indah dan mudah, pembuatan presentasi menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Kali pertama dibuka, sebuah window akan ditampilkan, dan kita dapat memilih untuk membuat presentasi sesuai template yang telah tersedia. Kita dapat pula memulai dengan dokumen kosong apabila ingin mencoret-coret dalam sebuah kertas kosong. Di window ini pula, Anda dapat membuka dokumen presentasi yang pernah Anda buat sebelumnya. Untuk menghasilkan presentasi yang berkualitas tinggi dalam waktu sekejap, Anda dapat memilih untuk mengikuti template. Pilihlah tab screenpresentations. Kemudian, pilihlah template yang Anda inginkan. Sebuah layar edit pun akan dibuka untuk Anda. Dari template yang Anda pilih, Anda dapat mengubah berbagai teks ataupun elemen lainnya. Untuk mengubah teks, kliklah dua kali pada teks tersebut dan ketiklah teks yang baru.
Secara umum, fungsi-fungsi pemformatan untuk font dapat diakses dengan mudah melalui shortcut-shortcut yang umum. Penekanan kombinasi tombol CTRL-B (berfungsi untuk menebalkan teks) tentunya akan lebih cepat dan mudah dilakukan apabila Anda terbiasa bekerja dengan shortcut. Sayangnya, beberapa shortcut seperti shortcut untuk memasukkan gambar terasa cukup aneh.
Saatnya menambahkah sedikit efek. Presentasi yang dilengkapi dengan berbagai efek dalam batas wajar tentunya akan terlihat lebih menarik. Di KPresenter, penambahan efek dapat dapat dilakukan dengan mengakses menu screen presentations|configure pages.
Apabila Anda ingin membuat presentasi yang relatif sederhana, rasa-rasanya Anda perlu untuk membuang banyak toolbar agar bekerja lebih menjadi lebih menyenangkan. Untuk menjalankan presentasi, pilihlah menu screen presentations|start. Penulis tidak dapat menemukan shortcut yang sama seperti kebanyakan program pembuat presentasi.
Bagi yang sering bepergian, Anda dapat menyimpan hasil presentasi Anda sebagai halaman web. Nah, dalam urusan yang satu ini, wizard yang disertakan oleh program ini akan terasa banyak membantu. Cukup pilih saja menu File|create HTML slideshow, dan Anda akan langsung dipandu. Sayangnya, bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan Microsoft Office, beberapa shortcut dan toolbar memang boleh dikatakan berbeda. Hal tersebut akan terasa cukup mengganggu, apalagi jika Anda bukan seorang pembuat presentasi yang ulung.
Bicara fitur, program yang satu ini jelas menawarkan banyak sekali. Mulai dari integrasinya dengan aplikasi KOffice yang lain sampai berbagai kemudahan yang disertakan. Kerja sama KPresenter dengan aplikasi presentasi lainnya pun dapat diacungi jempol.
3. OpenOffice Impress (Presentation)
Tidak jauh berbeda dengan Writer atau TextDocument yang mirip MS Word, dan SpreadSheet (Calc) yang mirip dengan MS Excel, Presentation (Impress) ini juga sangat mirip dengan MS PowerPoint.
Semua dokumen prestasi yang pernah di buat dengan M.S. PowerPoint juga dapat dibuka secara langsung dengan Presentation dari OpenOffice. Termasuk desain background dan animasinya.
Sedikit catatan dari penulis, OpenOffice yang kita dapat, baik itu dari membeli atau melalui download dari www.openoffice.org atau pun yang didapat dari sisipan majalah InfoLINUX, umumnya belum disertai dengan bakground desain presentasinya. Untuk itu, bisa kita atasi dengan cara meng-copy semua file Presentation ataupun Design Template dari PowerPoint atau StarOffice dan kita letakkan ke dalam direktori
4. Magic Point
MagicPoint adalah suatu alat bantu presentasi berbasis XWindow. Alat bantu ini didisain untuk membuat presentasi yang sederhana dan mudah dan juga memungkinkan membuat suatu presentasi yang komplek. Magic Point (mgp) merupakan program presentasi yang dapat dijalankan pada lingkungan Unix atau Linux. Program ini diitulis oleh Yoshifumi Nishida
http:/www.mew.or/mgp/
File MagicPoint (dengan akhiran .mgp) adalah file teks biasa, sehingga dapat dibuat dengan cepat dengan menggunakan editor teks apa saja (misal jed, pico, vi, atau emacs, dan sebagainya). Paket mgp ini juga menyertakan
beberapa utilitas lainnya yaitu :
• mgp2ps
• mgpembed
Pada direktori sample yang disediakan MagicPoint tersedia beberapa file penting yaitu :
• default.mgp. File style utama
5. Microsoft Excel
Microsoft Excel (Windows)
Spreadsheet kosong Microsoft Excel 2007 yang dijalankan di Windows Vista.
Fungsi pada Excel ini digunakan untuk melakukan pengolahan data yang berupa string atau teks. Berikut ini diperlihatkan contoh teks yang akan diolah menggunakan Teks Function.
Teks awal
Untuk melihat hasil teks tersebut, berikan formula yang terdapat pada tabel berikut ini.
Formula Kegunaan
=LEN("Indonesia") Menjumlah karakter.
=LOWER("Indonesia") Mengubah huruf besar menjadi kecil.
=UPPER("Indonesia") Mengubah huruf kecil menjadi besar (kapital)
=LEFT("Indonesia",2) Mengambil huruf sejumlah n karakter dari kiri.
=RIGHT("Indonesia",5) Mengambil huruf sejumlah n karakter dari kanan.
=MID("Indonesia",3,3) Mengambil huruf dari posisi tertentu.
Gambar 2.180 Hasil penggunaan fungsi teks
Cara Menggunakan Fungsi Logika (IF)
Fungsi-fungsi logika pada Excel digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argumen untuk menghasilkan nilai True atau False.
Memilih fungsi If
Fungsi logika mempunyai bentuk seperti berikut:
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
• Logical_test, nilai atau ekspresi yang dipakai untuk mengevaluasi benar atau salah.
• Value_if_true, nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi benar.
• Value_if_false, nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi salah.
Sebagai pembanding antarargumen anda dapat memberikan operator pembanding, seperti tanda =, >, <, >=, <=, dan <>.
Berikut ini diberikan contoh dalam menentukan keterangan dari hasil beberapa nilai mata pelajaran, dengan parameter sebagai berikut:
Jika nilai rata-rata 8 maka “Baik”
Jika nilai rata-rata 7 maka “Lumayan”
Jika nilai rata-rata 6 maka “Cukup”
Jika nilai rata-rata 5 maka “Kurang”
Data awal
Untuk kasus tersebut anda dapat memasukkan formula berikut ini pada sel N6:
=IF(M6>=8,"Baik",IF(M6>=7,"Lumayan",IF(M6>=6,"Cukup","Kurang")))
Artinya adalah jika sel M6>=8, maka predikatnya baik, jika sel M6>=7 maka predikatnya lumayan, jika sel M6>=6 maka predikatnya cukup, jika tidak maka predikatnya kurang.
Kemudian lakukan AutoFill dari sel N6 sampai dengan sel N15, maka hasil seperti berikut ini.
Hasil data dengan menggunakan fungsi Logika
6. Corel Draw
Corel draw merupakan program computer graphic yang relative mudah pengoperasianya sehingga sering diremehkan banyak pemakai, padahal corel draw tidaklah sesederhana seperti yang dikira. Pada saat tutorial ini ditulis, versi terakhir dari corel draw adalah corel draw X3 (13). Tetapi tutorial ini masih menggunakan corel draw 11, tetapi hal itu tidak menjadi masalah, tutorial ini masih bisa digunakan sebagai referensi tentang tool-tool dan fungsi-fungsi dasar dari corel draw.
Corel draw merupakan program computer graphic yang berbasis pada vector. Corel draw sangat baik digunakan untuk membuat layout untuk media cetak, sampai menciptakan gambar vector yang super halus dan tajam.
Mengenal corel draw
Sebelum kita bercinta dengan corel draw, lebih baik kita berkenalan dulu dengan corel draw. Pada saat kita menjalankan corel draw pertama kali, secara default kita akan dihadapkan pada welcome screen. Screen ini bisa kita hilangkan dengan menon aktifkan pilihan “show this welcome screen at startup”, yang terletak di bagian kiri bawah welcome screen.
Dari screen ini kita bisa menutupnya atau memilih salah satu pilihan menu yang ada. Untuk saat ini kita pilih new graphics. Atau bisa juga kita menutupnya, terus dari menu file > New (ctrl + N). Setelah itu kita akan melihat tampilan lingkungan kerja di corel draw.
Lingkungan Kerja Corel Draw
A. Menu
Berisi berbagai perintah pengoperasian. Mulai dari membuka file, mengatur ukuran halaman, menampilkan berbagai macam docker dan sebagainya
B. Icon command / Toolbar
Bar ini berisi icon yang merupakan shortcut (perwakilan) pengoperasian berbagai perintah yang ada di menu. Seperti membuka, membuat file baru, menyimpan, print, dan sebagainya (yang biasanya sering digunakan)
1.New : membuat dokumen baru
2. Open : membuka file corel draw
3. Save : menyimpan dokumen
4. Print : mencetak
5. Cut : memotong objek ke clipboard
6. Copy : menyalin objek ke clipboard
7. Paste : menempelkan objek dari clipboard ke canvas
8. Undo : membatalkan perintah sebelumnya
9. Redo : mengulangi/mengembalikan perintah yang di undo
10. Import : import gambar
11. Export : Export gambar corel draw ke format lain
12. Zoom Levels : mengatur level pembesaran area kerja/canvas
13. Application launcher : memanggil aplikasi corel graphics suite yang lain (jika diinstal)
14. Corel Online : Memanggil Corel Online
C. Detil seting tool yang digunakan
Isi dari bar adalah fitur pengoperasian yang dimiliki oleh suatu tool atau objek. Bar ini akan berubah-ubah sesuai dengan jenis tools yang kita pakai dan macam objek yang sedang kita pilih.
D. ToolBoX
Berisi berbagai macam tool yang digunakan untuk membuat berbagai macam objek gambar dalam corel draw. Ada beberapa tool yang digabung (group), hal ini bisa dilihat dari tanda panah kecil dibagian kanan bawah dari tiap icon tool yang ada. Untuk menampilkan tool yang tersembunyi di suatu group, klik dan tahan hingga tool-tool yang tersembunyi tampil (muncul flyout).
1. Untuk memilih objek (pick tool).
2. Untuk mengakses shape, knife, eraser, smudge brush, roughen brush, free transform tools.
3. Untuk mengakses Zoom dan Pan (untuk menggeser).
4. Untuk mengakses freehand, Bezier, artistic media, pen, polyline, 3 point curve, interactive connector, dimension.
5. Untuk mengakses rectangle dan 3 point rectangle tools.
6. Untuk mengakses ellipse dan 3 point ellipse tools.
7. Untuk mengakses polygon, graph paper, spiral tools.
8. Untuk mengakses basic shapes, arrow shapes, flowchart shapes, star shapes, callout shapes
9. Text tool, untuk menulis di canvas.
10. untuk mengakses interactive blend, contour, distortion, envelope, extrude, drop shadow, transparency.
11. Untuk mengakses eyedropper (mengambil sampel warna) dan paint bucket tool (untuk meneteskan warna ke objek gambar.
12. Untuk mengakses tool yang terkait dengan outline (jenis outline, warna, ketebalan).
13. Untuk mengakses tool terkait dengan fill (warna, gradasi, pattern, texture, postscript.
14. Untuk mengakses interactive fill dan mesh tools
E. Ruler
Ruler berfungsi seperti layaknya penggaris, hanya saja dalam bentuk maya. Dari ruler ini kita bisa membuat suatu guide line, dengan cara klik & drag ruler ke area kerja/canvas.
F. Canvas
Canvas ini merupakan area kerja kita, tempat kita berkreasi menciptakan berbagai macam objek gambar. Canvas ini berfungsi layaknya kertas gambar, hanya saja dalam bentuk maya.
G. Comand docker
Merupakan ekspansi dari beberapa fungsi-fungsi yang ada pada corel draw. Untuk menampilkan docker apa saja yang muncul, bisa dari menu Window > dockers, trus pilih docker mana yang ingin ditampilkan atau disembunyikan. Docker ini juga bisa di minimize, atau di tutup
H. Color bar
Berisi pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk mewarnai objek gambar yang kita buat. Baik warna isi maupun warna outline. Warna yang ada pada daftar color bar ini bisa kita customize sendiri.
I. Information box
Berisi keterangan warna isi dan outline (garis luar) objek gambar yang sedang kita pilih. Informasi ini bisa kita gunakan ketika sedang membutuhkan untuk mengetahui warna apa yang ada di suatu objek, model warna yang digunakan, palet warna apa yang digunakan.
J. Page control
Menampilkan control tampilan halaman pada sebuah dokumen, memberitahu ada di halaman mana kita sedang bekerja. Control ini memudahkan kita jika sedang bekerja pada sebuah dokumen yang terdiri dari beberapa halaman
K. Koordinat posisi kursor
Menunjukkan posisi kursor dalam perhitungan ukuran yang sama pada ruler
L. Canvas window control
Icon window yang digunakan untuk meminimize, membesarkan/mengecilkan, menutup window canvas. Memudahkan kita ketika bekerja dengan banyak dokumen.
7. MS Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
5. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
6. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
7. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Pembahasan perangkat lunak
1). Pengertian perangkat lunak
Dalam arti sempit perangkat lunak adalah program yang dijalankan di suatu pemroses. Perangkat lunak dalam arti luas terdiri dari program-program yang di eksekusi computer dalam dalam beraneka ukuran dan arsitektur, dokumen-dokumen berupa hard copy dan bentuk-bentuk maya, dan data berupa angka-angka dan teks juga refresentasi informasi gambar, video, dan audio.
8. NeroMix
Nero Mix atau Nero Mixer adalah software audio dengan fungsi sebagai player, burning, konversi ke format file audio.
Fasiltas pada Nero Mix :
• Penulisan ke CD Writer untuk format DATA atau CD Audio
• Sistem Fade pada efek suara untuk Fade In dan Fade Out
• Input file dari CD audio , Line In maupun Internet Radio
• Output file dengan Audio CD, DATA atau langsung ke speaker untuk Line Out
• Plugin Build-in dengan Transpose danTime stretch
Tampilan pada layar Nero Mix tidak berbeda dengan Player tetapi sudah disatukan dengan Burning atau Audio conversion baik dengan format MP3, MP3 pro, WAV , AIF maupun langsung ke media burner
Untuk list lagu juga tidak berbeda dengan player seperti Sonique atau MP3 player dan bila fungsi burning ke drive diaktifkan maka pada bar juga akan berubah sesuai ukuran menit dari lamanya lagu yang akan diburner ke sebuah CD.
Dukungan sistem output recording dari Nero Mix
Setting pada MP3 pro juga dapat dirubah dengan variable atau constant bit rate dan memudahkan pemilihan besarnya file yang akan dibuat ke format MP3 pro
Fasilitas Fade antara gap dari sebuah file yang dikonversi juga dapat dibuat dan antar gap lagu dapat didengar tanpa putus walaupun secara format, track pada CD audio dibuat terpisah.
9. Portable Indopreter
Portable Indopreter adalah sebuah kamus elektonik yang fungsinya sama dengan transtool yaitu untuk menterjemahkan kata / kalimat dari bahasa inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya dari indonesia ke inggris.
Meskipun bukan transtool namun kamus elektronik ini tidak kalah dengan Transtool dalam men-translate kata maupun kalimat.Salah satu keunggulan indopreter dibandingkan dengan transtool adalah untuk menggunakan indopreter kita tidak perlu membayar alias gratis.tis.tis.
Hal ini berbeda dengan transtool karena kita harus mengeluarkan duit beberapa ratus ribu untuk membayar linsensinya.
Diluar sana ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas download transtool sekaligus crack transtool-nya, namun ketika gwa coba banyak yg nggak bisa di download. jadi mengapa harus susah-susah nyari download transtool kalo fungsi dari transtool bisa didapatkan dari indopreter ini he..he...
Indopreter tidak memerlukan instalasi yang rumit, karena indopreter tidak membutuhkan proses instalasi. cukup dobel klik file indopretercd.exe maka aplikasi kamus elektronik ini bisa langsung digunakan.
Untuk mengubah setting bahasa dari inggris-indonesia atau indonesia-inggris bisa langsung klik tombol switch language ( simbol dua anak panah berwarna biru ) yang ada di trans tool ini, cara menggunakan indopreter juga sangat mudah dan simple bahkan lebih mudah dari transtool, sehingga sesuai bagi anda yang nggak pengen repot.
10. TransTool
TransTool adalah aplikasi yang berfungsi untuk menerjemahkan suatu kata, kalimat, ataupun sebuah paragraf.
Aplikasi ini memang sangat cocok untuk anda yang belum mempunyai koneksi internet di rumah, karena aplikasi ini berjalan secara offline (tidak membutuhkan koneksi internet).
Berhubung sekarang banyak penyedia jasa kamus online, seperti Google Translate, Kamus.net dan masih banyak lagi lainnya. Untuk anda yang tidak mempunyai koneksi internet di rumah, aplikasi ini sangat cocok untuk anda.
Aplikasi ini dapat menerjemahkan kata dari bahasa Indonesia ke Bahasa Iggris, begitu pula sebaliknya. Tentunya pada TransTool versi terbarunya lebih banyak perbaikan dari versi sebelumnya, dan menyempurnakan dari versi seblumnya.
Memang aplikasi ini pastinya memiliki salah kata, dalam penerjemahnya, tapi pasti anda bisa memakluminya, karena TransTool adalah sebuah software. Jadi setelah kita menerjemahkan juga perhatikan dulu apakah yang diterjemahkan sudah benar dan tidak terlalu menjadi sebuah bahsa yang baku.
Transtool Software Penterjemah
Seringkali kita mengalami kesulitan dalam menerjemahkan suatu artikel atau halaman website, dan itu salah satu sebabnya adalah karena kurangnya kemampuan bahasa kita. Memang menyebalkan kalau kita tidak mengerti apa yang ditulis di dalam sebuah website, tapi begitulah fakta era globalisasi.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa memang kemampuan bahasa sangat penting dan sangat diperlukan di dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Dan sebaiknya memang kita menguasai banyak bahasa supaya dapat mengerti banyak pengetahuan dari berbagai sumber.
Tetapi kalau ternyata kita mem-browsing banyak website dan tidak mempunyai waktu untuk mempelajari semua bahasa dalam waktu yang terbatas, dan juga kapasitas otak kita belum mampu kita gali, mau bagaimana lagi?
Untunglah, sesuai dengan perkembangan zaman, muncul berbagai software yang bisa membantu kita untuk menterjemahkan berbagai bahasa yang ada di internet dengan mudah dan cepat. Dan salah satu software yang cukup terkenal untuk urusan itu adalah : Transtool.
Transtool adalah salah satu software penterjemahan bahasa yang terbaik. Transtool memiliki kemampuan penterjemahan bahasa yang cukup dapat diandalkan. Kemampuan penerjemahannya semakin baik di setiap versinya. Hingga saat artikel ini dibuat, Transtool telah mencapai versi ke-6. Sebuah perkembangan yang cukup menggembirakan untuk kita yang memerlukan sebuah software untuk membantu menerjemahkan bahasa.
11. Google Translate Client
Google Translate Client adalah sebuah aplikasi penejemah kata seperti kamus. Dengan aplikasi ini anda bisa diharapkan untuk lebih mudah dalam mengetahui bahasa asing.
Tidak hanya itu, GOogle Translate Client ini bisa menerjemahkan sebuah teks atau kalimat ke dalam 50 bahasa dari masing-masing negara berbeda.
Salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah fitur Auto Paste yang ditandai dengan “G-Icon” setiap kali anda melakukan blocking pada text yang akan mempermudah penggunaannya. Setelah anda melakukan block text selanjutnya klik pada G-Icon, maka secara otomatis akan langsung di translate kedalam bahasa yang anda inginkan.
Kelebihan lainnya yaitu, GOogle Translate Client ini bisa diintregrasikan kedalam aplikasi web browser WIndows, seperti Browser Firefox, Opera, Google Chrome.
Fitur lainnya adalah fitur Pencarian melalui teks yang ditandai dengan “S-Icon”. Setiap kali anda menandai teks dan selanjutnya klik pada S-Icon, maka secara otomatis akan terbuka sebuah tab browser baru hasil pencarian.
Yang sangat disayangkan karena Google Translate Client ini hanya bisa digunakan untuk anda yang memiliki koneksi internet.
.
12. Adobe Reader
Adobe Reader adalah sebuah aplikasi standar sederhana untuk membuka file PDF pada platform Windows. Adobe Reader berjalan dengan baik pada Windows XP, Vista dan Windows 7. Tidak hanya sebagai pembaca file pdf, tapi dengan program ini kita juga dapat membuat dokumen pdf, mencetak dan lainnya.
Adobe Reader kini hadir dengan versi terbarunya Adobe Reader 9.3. Dengan tampilan yang sederhana kini Adobe Reader lebih ringan dan cepat. Adobe Reader mudah untuk digunakan, karena program ini adalah salah satu program pembaca file PDF pertama yang sudah ada lebih dari satu dekade
LANGKAH 1
Setelah menginstal Adobe Reader 6, bukalah program tersebut melalui [Start] [Adobe Reader 6].
LANGKAH 2
Klik [File] [Open...], dan klik file PDF yang Anda ingin tampilkan. Klik [Open] untuk membukanya.
LANGKAH 3
Tampilan file dapat dilihat secara utuh sebesar layar dengan mengeklik [Window] [Full Screen View] atau dengan menekan kombinasi tombol [Ctrl] + [L]. Tekan [Esc] untuk kembali ke tampilan semula.
LANGKAH 4
Anda bisa menyalin bagian tertentu dari file. Klik [Select Text] apabila berupa tulisan, dan [Select Image] apabila berupa gambar. Setelah itu, drag kursor ke bagian-bagian yang ingin Anda salin. Tekan [Ctrl] + [C].
LANGKAH 5
Secara otomatis, bagian file yang Anda salin tersebut akan tersimpan pada clipboard. Anda dapat melihatnya dengan mengeklik [Window], dan pilih opsi [Clipboard Viewer].
LANGKAH 6
Snapshot merupakan alat untuk mengambil bagian tertentu file dengan hasil berupa file gambar. Klik [Snapshot Tool] dan sorot bagian file yang ingin Anda ambil. File gambar akan secara otomatis tersimpan pada clipboard.
LANGKAH 7
Apabila Anda ingin membuka koleksi e-book dalam PC Anda, kliklah tombol [eBooks] [My Bookshelf]. Kemudian carilah e-book tersebut.
13. Photoshine
Photoshine adalah program yang dibuat untuk menghias foto-foto, bisa foto pernikahan, Pemandangan dan lain-lain. Skin hiasnya sudah tersedia dari Photoshine nya sendiri, tak perlu khawatir kehabisan template karena tersedia lebih dari 700 templates. ini nih contoh capture-nya
dan ini contoh hasilnya :
14. Photoscape
Photoscape adalah salah satu tools terbaik yang saat ini saya gunakan untuk berbagai macam keperluan, diantaranya mengedit foto, dan memperbaiki kualitas gambar. PhotoScape adalah software gratis yang dibuat oleh pihak Photoscape.org .
Tools ini dicipakan untuk mempermudah dalam urusan edit foto ataupun gambar, lihat saja fitur-fitur yang disediakan oleh PhotoScape, semuanya lengkap -menurut saya- seperti yang dibutuhkan oleh para editor foto, fitur-fitur tersebut diantaranya :
Image editing:
-Resize image, Brightness, Colour, Grey Balance, Lights and Frames.
-Add text, Filters and Effects.
-Red Eye Remover
Batch editor:
-edits multiple images
Presentations:
-Image combinations to get new effects
GIF animation:
-Design multiple photos and effects
Capture desktop wallpaper:
-Insert a wallpaper image directly on your Windows desktop
RAW conversion:
-Converts the RAW format to the JPG format.
Selain fitur-fitur yang lengkap PhotoScape juga memiliki Tampilan yang mudah dimengerti oleh pengguna. Banyak orang yang memuji Software ini untuk kemampuannnya mengedit gambar dan foto.
Berikut adalah beberapa contoh hasil editan foto yang saya lakukan :
Frame:
Combine :
Dan ini adalah beberapa format yang digunakan untuk meng-combine foto-foto menjadi gambar seperti di atas.
Mungkin dengan software ini anda dapat mengedit foto-foto yang akan anda upload di Friendster ataupun Facebook, dan saya menjamin hasil dari editan software ini pasti bagus.
Fitur yang paling saya suka pada photoscape adalah fitur page. Fungsi fitur page sendiri adalah untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu lembar foto. Berikut adalah contoh gambar yang sudah saya edit menjadi page:
edit page
Tidak Cuma itu saja, apabila kamu kreatif, kumpulan foto-foto yang sudah kamu buat menjadi foto page ternyata masih bisa kamu manipulasi lagi misalkan dengan menambahkan frame ataupun teks.
Selain fitur page, ada juga fitur screen capture. fitur ini berguna untuk mengambil gambar window yang ada di computer kamu. Semua gambar yang saya tampilin di sinipun adalah hasil dari screen capture.
Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan software gratis ini. tenang saja memori software ini ga gede kok, hanya sekitar 13 mb.
BAB IV
KESIMPULAN
Secara umum pengertian komputer adalah seperangkat alat eletronik yang mengolah data-data menjadi informasi bantuan instuksi yang dimegerti oleh komputer yang disebut bahasa program. Komputer begitu penting terutama dalam menunjang kegiatan bisnis.
Dengan menggunakan komputer dalam memecahkan suatu masalah, maka akan merasakan manfaat yang besar dalam hal : efisien waktu, biaya dan tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer dapat disajikan lebih baik dan menarik.
Komputer bermacam-macam jenis dan ukurannya, tetapi berdasarkan lemampuannya (kecepatan, kapasitas memory dan ukurannya), komputer dapat dikelompokkan, berdasarkan jenis datanya, berdasarkan kemampuannya, berdasarkan segi kehunaannya.
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita begi menjadi 2 bagian yaitu : Sebelum tahun 1940, dan Setelah tahun 1940.
Sebelum tahun 1940, manusia menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar yaitu : Peralatan manual, Peralatan Mekanik, Peralatan Mekanik Elektronik, Peralatan Elektronik
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dapat dibagi lagi menjadi 5 generasi yaitu Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ), Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 ), Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an ), Komputer generasi keempat ( awal 80an - ???), Komputer generasi kelima ( masa depan).
Perangkat keras (Hardware) adalah suatu komponen komputer yang terlihat nyata dan dapat dipegang oleh tangan manusia. Dari berbagai komponen tersebut dirangkai menjadi satu secara fisik, sedangkan Perangkat lunak (Software) tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Pengertian perangkat lunak (Software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Ini merupakan bagian dari aplikasi-aplikasi multimedia.
BAB V
PENUTUP
Semoga makalah ini dapat membantu para pembaca dalam proses pembelajaran / pengenalan tentang sejarah perkembangan computer, berbagai macam perangkat keras (Hardware), dan perangkat lunak (software).
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman atas segala saran ataupun ide yang diberikan kepada penulis guna menyempurnakan makalah ini, dan penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat & menambah pengetahuan bagi seluruh pihak sebagai bekal untuk perjuangan & tantangan dihari esok.
DAFTAR PUSTAKA
Davis, Gordon B. Intoduktion to computer. Third edition Kogafusha McGrow Wiil : Internasional Studen Edition. 1981.
Gunadi, Stion FX. Belajar Sendiri Wordtar Professional Release 5. 5 Cetakan Ke-I Jakarta : PT. Eleex Media Kompotindo Kelompok Gramedia. 1989.
Chandra K. Lan. PC-DOS Versi 3.3 Jakarta : PT. Elex Media Kompotindo Kelompok Gramedia. 1988.
Gunawan, Donny dan Iwan Irawan. Wordstar 5.5. Jakarta : PT. Eleex media Kompotindo Kelompok Gramedia. 1990.
Lous development Corporation. Lotus 1-2-3 Release 2 Manual Reference. USA : Lotus Development Corp. 1987.
Micropro Internation Corporation. Wordstar Propessional Release 4 California : Micropro Internasional. 1987.
Sutantyo, Wirnardi. Secepat dan Semudah Lotus 1-2-3 Versi 2.2. Jakarta : PT. Eleex Media Kompitindo Kelompok Gramedia. 1990.
Sutantyo Winardi, dan Markus Ribijanto Kusuma. Pemproproraman Dbase III Plus. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. 1987.
azmifauzan@gmail.com
http://www.azmifauzan.web.id
http://www.google.com
http://www.wikipedia.com
yahoo anwer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar